Cara Membuat Database Di XAMPP - neon[dot]web[dot]id Belajar Bisnis Online | Web Programming

Latest

Belajar, Mencoba dan Menulis.

Jumat, 09 Februari 2018

Cara Membuat Database Di XAMPP



Cara membuat database, Database adalah tempat penyimpanan data, menurut wikipedia, database atau basis data adalah pangkalan atau tempat menyimpan informasi ke dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa dan di kelola oleh suatu program komputer untuk memperoleh informasi-informasi dari basis data tersebut.

Jadi ketika kita membuat website, semua data seperti teks, data member, dan konfigurasi disimpan di database, kecuali data berupa file, biasanya yang disimpan adalah PATH atau URL dimana file itu berada di folder website.

Di tutorial yang lalu aku sudah tulis tahap-tahap cara install xampp di windows yang bisa kalian ikuti simple kok. XAMPP itu nanti akan kita gunakan sebagai server lokal untuk menjalan bahasa php di komputer kita. di tutorial itu, aku juga menjelaskan tentang cara menjalankan xampp sebab banyak kasus yang aku temui dilapangan, setelah koding php tapi kodingan php tidak bisa dieksekusi KARENA lupa XAMPPnya belum Running.


Cara Membuat Database MySQL

Perlu diketahui bahwa XAMPP adalah kependekan dari X, Apache, MySQL, PHP dan Perl sehingga database yang dapat dibuat dengan XAMPP adalah database MySQL.

Di sini kita akan membuat database mysql dengan menggunakan PHPMyAdmin bawaan XAMPP, PHPMyAdmin adalah salah satu software yang dibangun dengan PHP untuk mengatur dan mengelola database MySQL secara mudah tanpa harus menggunakan command line .

Lho lho kok MySQL to kan di gambar atas X, Apache, MariaDB, PHP dan Perl.


Apa Itu MariaDB

Jadi begini ceritanya, beberapa waktu lalu MySQL telah diakuisisi oleh ORACLE, sehingga penggunaan dan pengembangan MySQLpun dibatasi, sehingga Michael "Monty" Widenius selaku pengembang MySQL sebelumnya memutuskan membuat sistem management database baru dengan nama MariaDB,

Jadi MariaDB adalah Database yang dibuat oleh pengembang MySQL sebelumnya. Namun tidak perlu khawatir secara garis besar Syntax yang digunakan MySQL dan MariaDB adalah SAMA, seperti yang telah ditulis di codepolitan tentang mengenal MariaDB.

Untuk membuat database di xampp bisa kalian ikuti step-by-step berikut :

Pastikan XAMPP kalian sudah berada dalam kondisi RUNNING. sehingga kalian bisa mengakses 

localhost/phpmyadmin


jika kalian bisa mengaksesnya maka kalian akan mendapatkan tampilan berikut di browser.


Untuk membuat database di phpmyadmin ini adalah dengan Mencari dan Klik tombol database, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini.


Isilah kolom yang berada tepat dibawah "Create Database" dengan nama database kalian, dalam kasus ini aku tulis "nama_database".

Yang perlu di INGAT disini adalah jangan menggunakan SPASI ketika terdiri lebih dari 2 kata.

Kemudian klik tombol CREATE, lalu lihatlah disebelah kiri apakah sudah ada nama database yang kita buat ? jika sudah, maka kita berhasil membuat database.


Baiklah sampai disini kita sudah berhasil membuat database mysql di xampp.

Cara Membuat Tabel Database MySQL di PHPMyAdmin

Tabel database adalah rak untuk menaruh data-data kita dalam suatu database, jadi Aku rasa akan sangat ganjil bila kita cuma membuat database saja tanpa membuat tabel, lha buat apa ? Database tanpa Tabel, ibarat tanah tapi belum bangunannya, trus mau nyimpen data dimana kita ?

Tidak jauh beda dengan membuat database, membuat tabel databaes juga sangat mudah dan simple.

pertama Cari dan Klik nama database yang sudah kita buat di kolom sebalah kiri. lalu akan muncul tampilan seperti berikut di sebalah kanan.


tepat dibawah "Create Table", tulisakan nama table yang kalian inikan dalam kasus ini aku isi dengan "users", kemudian tulisakan berapa banyak kolom yang ingin kalian buat di Number of Columns.

di Number of Columns ini akan menentukan berapa banyak data yang akan kita simpan. 
misalkan kita berbicara masalah Data Siswa. maka kolom akan berisi :
  1. nis
  2. nama_siswa
  3. jenis_kelamin
  4. nama_orangtua
  5. alamat
  6. tanggal_lahir
  7. tahun_angkatan
  8. date_create
setidaknya ada 8 kolom yang  kita butuhkan.

Namun disini kita buat 4 kolom untuk "users".
  1. user_id
  2. username
  3. password
  4. email
yang nantinya akan kita tulis sebagai Nama Kolom.



setelah nama kolom secara umum kita juga akan mengenal Type, Length/Values, Default, Collation, Attributes, Null, Index, A_I, dan Comments

Type merupakan Type Data yang disediakan oleh MySQL untuk menandai setiap data yang kita simpan di dalamnya. Secara umum  Type data ini terdiri dari Tipe data Angka (integer), String, Date yang nantinya akan dijabarkna lebih jauh.. yang bisa kalian pelajari di https://dev.mysql.com/doc/refman/5.7/en/data-types.html

Length/Values merupakan bagian untuk mengatur seberapa besar, panjang, atau banyak data yang di input. misalkan kolom "username" bertipe data varchar dengan panjang maksimal 200 karakter. jadi ketika kita memasukan data dengan panjang karakter misalkan 300 karakter, maka akan secara otomatis terpotong jadi 200 karakter saja. 

Perlu diketahui bahwa masing-masing tipe data memiliki panjang minimal dan maksimal sendiri. yang bisa di cek di link diatas.

Collation adalah jenis penyortiran atau pengurutan data, yang memiliki berbagai standar.. bisa kalian cek di https://dev.mysql.com/doc/refman/5.7/en/charset-general.html

Null digunakan untuk menandai bahwa kolom ini boleh null atau harus diisi.

A_I merupakan kependekan dari Auto Increment yang akan mengisi secara otomatis dari angka 1 sampai tak terhingga. Biasanya hanya digunakan untuk kolom id sebagai kolom dengan nilai unique
A_I ini hanya boleh digunakan ketika kolom memilik Index sebagai PRIMARY KEY saja.

INDEX akan memberikan keterangan apakah kolom ini PRIMARY KEY, INDEX, UNIQUE, FULLTEXT atau SPATIAL
detailnya bisa cek disini https://dev.mysql.com/doc/refman/5.7/en/mysql-indexes.html

Tambahkan Primary Key pada kolom "user_id", pada Index, pilih PRIMARY, lalu akan muncul sebagai berikut, klik Go.


lalu tambahkan Auto Increment dengan men-check checkbox dibawah A_I



Kemudian Klik Save. maka table database sudah jadi.


Sampai disini table sudah berhasil dibuat.. mudah to ? kalo memang terasa sulit bisalah kalian komen-komen dibawah untuk bertanya. karena kau sendiri masih belum yakin sudah menceritakan semuanya. jadi kalo memang ada yang ingin ditanyakan tanyakan aja melalui kolom komentar oke :D..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar